Review Suzuki Jimny SJ410 , Kecil Kecil Cabe Rawit

Sobat jipmania, lagi iseng iseng lihat draft di blog sebelah, eh ternyata nemu artikel tahun 2013 ketika pertama kali nyobain Jimny SJ410 , well waktu itu masih sebagai pengguna awam yang belum terlalu paham akan mobil 4×4, soo ini jdi artikel kenangan tersendiri bagi jipmania, karena itu admin pindahkan artikelnya ke blog ini.

Mobil yang saya coba merupakan unit pinjaman dari temen saya Om Risschie yang kebetulan lagi main ke Jogja, mobil ini buatan tahun 1988 dan dulunya merupakan inventaris unit korps paskhas angkatan udara, Jimny dalam keadaan standar kecuali ban yang udah pake ukuran 31. 

Dicoba pertama dari kontrakan deket kampus UGM – Pantai Parangtritis, ujian pertama adalah kemacetan di sekitar Mirota Kampus, karena si jimny tanpa ac sukseslah kita dibuat sauna dalam mobil, ditengah kemacetan kota banyak motor yang selap selip seenaknya, bodo amat karena bemper si jimny masih pakai besi besi, nyrempet ato nabrak situ yang penyok plus bonyok  , sepanjang kemacetan suhu radiator manteng di ¼ josss banget, padahal biasanya jimny sering overheat kalo macet – macetan.

Memasuki jalan parangtritis langsung jimny dipancal gigi 4, karena speedo gx beres estimasi ya sekitar 80 – 90 km/j, anteng anteng aja tuh, tapi setirnya lari kiri kanan, maklum belum power steering, nyampai di pantai langsung di naikkan ke atas trotoar 

Hari berikutnya dicoba buat light offroad di daerah TPA Piyungan bantul, lewat jalan-jalan berbatu nan menanjak, disini baru kerasa deh enaknya naik jimny, tinggal masukin 4×4 low, si jimny anteng aja tuh nanjak pelan tapi pasti #jossstenan.

Offroad di TPA Piyungan

Penyiksaan masih belum berakhir, rute terakhir yang diambil adalah tanjakan di daearh cinomati, yang udah lewat pasti tau seperti apa ngerinya tanjakan ini, tanjakan yang sangat panjang, berliku dan tentunya curaam :twisted , si jimny yang bermesin standar dan berkaki gajah dipaksa untuk melewatinya dan sukses macet di tengah tanjakan, gila deg degan banget rasanya.

Beruntung pas di tengah tanjakan ada tikungan yang cukup lebar sehngga jimny bisa dipinggirin, cek mesin ternyata gara- gara macet gara gara platina trouble 😆 , beresin bentar dan akhirnya si jimny pun berhasil menyala kembali, tanjakan pun kemudian ditaklukkna menggunakan gigi 4L, sesampai di tas tanjakan kami pun kembali turun ke jogja via dlingo – patuk – yogyakarta

Kesimpulan, jimny emang enak buat medan offroad walau bermesin standar, tinggal modif kaki – kaki dikit dah siap tempur, di jalan aspal mulus setir sering lari kanan-kiri (ciri khas non power steering) ya wajar sih, saya dulu nyopir kijang super sama rasanya, bemper besi buat penumpang merasa aman, yoi kalo senggolan sini nyantai bakalan sono yang penyok, jangan bandingin ama mobil sekarang yang kaya kaleng krupuk, bensin pun cukup irit kata yang punya Jogja – Semarang cuman habis 10-11 liter premium :D, kalau dirata rata sekitar 1 : 11 – 1 : 12 .

Masalah kenyamanan ya jangan bandingin ama mpv/sedan jauuh rasanya wkwkw, rasanya sobreker keras nan gemlodagh, begitu juga kalo buat lari lari di aspal, performa mesin pas-pasan, emang enaknya buat nyantai aja :D.

Bagi yang gx suka repot boleh tu platina diganti aja ama CDI maupun magnetic Trigger, biar kagak takut rewel di jalan, sekalian ac di pasang lagi biar nggak kepanasen waktu jalan-jalan di kota  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s