Ford F-150 Lightning , Pick Up Elektrik Pertama dari Ford

jipmania.id – Setelah ditunggu sekian lama Ford akhirnya mengungkapkan pick up elektrik pertama mereka yang dibangun dari basis pick up legendaris Ford F-150 Series, oleh Ford Pick Up elektrik ini kemudian diberi nama Ford F-150 Lightning, selain penggerak elektrik kendaraan ini juga merupakan pick up yang pertama menggunakan suspensi belakang independent (IRS) menggantikan suspensi per daun yang selama ini sudah menjadi trademark bagi kendaraan pick up, Ford mengkalim penggunaan IRS ini akan meningkatkan handling berkendara jika dibanding dengan kompetitor – kompetitornya, sebagai perbandingan kebanyakan manufaktur pick up (termasuk Nissan, Toyota, Chevy, GMC, and Ford) masih setia menggunakan suspensi belakang per daun yang dipadu live axle sebagai formula yang durabilitasnya sudah teruji waktu.

Sebagai sistem penggerak, Ford F150 Lightning menggunakan baterai Lithium Ion yang dipadu dengan dua motor listrik, tenaga total motor listrik ini mencapai 563 hp dan torsi 1050 nm. Dengan torsi sebrutal itu Ford mengklaim F-150 Lightning dapat berlari dari 0 hingga 96 km/h mph dalam waktu sekitar 4.5 detik saja. Keuntungan lain dari penggunaan penggerak elektrik ini adalah bagasi bertambah karena absennya mesin depan, sehingga bonet depan bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang.

Ford menargetkan F150 Lightning dapat menempuh jarak hingga 370 km jika menggunakan battery standar, sedangkan jika menggunakan extended-range battery jarak tempuhnya bisa bertambah hingga 482 km. Dengan jarak tempuh tersebut sebenarnya Ford F-150 Lightning masih dibawah kompetitor – kompetitornya, sebagai perbandingan GMC memperkirakan range maksimal dari Hummer EV hingga 350 miles (563,27 km), sedangkan Tesla Cybertruck menjanjikan lebih dari 250 miles (402 km) pada model terendah, dan lebih dari 500 miles (804 km) pada model tertinggi.

Untuk memudahkan charge mobil di rumah Ford menawarkan 80-amp charging station sebagai peralatan charging standar, dengan charger ini pengemudi bisa menambahkan 30 miles (48 km) jarak tempuh per jam pengisian atau menambahkan baterai dari 15% hingga full 100% dalam waktu 8 jam saja, bahkan jika menggunakan pengisian listrik umum dengan daya a 150-kilowatt DC fast charger, pengemudi bisa menambahkan jarak tempuh 54 miles (87 km) dalam waktu 10 menit saja.

Ford F-150 Lightning rencananya akan mulai tersedia pada musim semi 2022. dengan harga mulai $41,669 (598 juta) pada varian terendah, $54,669 (784 juta) pada varian menengah (XLT), sedangkan untuk harga varian tertingginya masih menunggu pengumuman dari Ford

Tinggalkan Balasan