Pindad Buka Pemesanan Maung Versi Sipil

Pindad Maung

jipmania.id – Sobat Jipmania, kendaraan taktis produksi PT Pindad yang satu ini memang fenomenal, bagaimana tidak kendaraan taktis (rantis) ringan yang awalnya diperuntukkan untuk keperluan militer, kini juga membuka keran pemesanan untuk versi sipil yang rencananya akan dijual untuk umum mulai Juni mendatang.

Namun karena ini versi sipil , tentunya akan ada perbedaan dengan versi militer terutama soal kelengkapan, karena beberapa fitur serta perlengkapan yang tidak diperlukan dan tidak diperbolehkan untuk kendaraan sipil juga akan dihapuskan. Seperti bracket senjata dan perlengkapan tempur, pengurangan rollbar, perangkat GPS navigasi, serta tracker kendaraan.

Maung sendiri dibangun oleh Pindad menggunakan basis mesin dari Toyota Hilux, Dengan tipe mesin 2GD kapasitas silinder 2.494 cc turbo diesel 16 Valve DOHC, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 149 tk, dan torsi maksimal 400 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan ke sistem penggerak 4WD dengan rear differential lock.

Namun untuk selanjutnya, PT PINDAD juga membuka peluang untuk penggunaan mesin selain milik Toyota Hilux, Menurut Abraham Mose selaku Dirut PT Pindad, saat ini ada 3 opsi yang bisa saja dimanfaatkan pihaknya untuk dibenamkan di dalam kap mesin rantis Maung.Ketiga mesin tersebut, yakni mesin milik Ford, Land Rover Defender, serta dari TATA Motor.

Pada tahap awal ini, Abraham mengatakan sudah ada 10 unit rantis Maung versi sipil yang telah diproduksi, karena prioritas produksi masih ditujukan untuk segmen militer, Adapun rantis Maung versi sipil tersebut, akan punya harga di kisaran Rp 600 jutaan tergantung tipa dan kelengkapannya.

Tinggalkan Balasan