Suzuki Jimny LCV , Ketika Mobil Impian Dijual Untuk Angkutan Barang

jipmania.id – Bagi sebagian besar pecinta otomotif Indonesia, Suzuki All New Jimny boleh dikata masih sebatas impian, selain karena indennya yang mengular, harganya pun melambung tinggi karena statusnya sebagai mobil hobby, hanya kalangan tertentu saja yang mampu membelinya, singkat kata Jimny menjadi salah satu kendaraan kasta tinggi, namun berbeda cerita dengan Inggris karena di negara ini Jimny justru dijual dengan format LCV alias buat angkutan barang.

Ada cerita menarik dibalik Jimny LCV ini, karena pada tahun 2020 Suzuki terpaksa harus menghentikan penjualan Jimny di Inggris karena aturan emisi yang semakin ketat, Jika ingin kembali ke pasar, Jimny harus diubah statusnya sebagai mobil komersial dengan aturan emisi yang lebih longgar.

Alhasil Jimny kini kembali hadir di Inggris, tapi dengan tampilan yang berbeda dari sebelumnya. Dari eksterior, perbedaan mencolok terlihat pada penggunaan vepg kaleng warna hitam berukuran 15 inci bukan velg Alloy seperti pada jimny umumnya, bisa dibilang spesifikasinya kurang lebih hampir sama dengan Jimny Lite yang hadir di Australia.

Karena tipenya kini adalah Jimny LCV (Light Commercial Vehicle) maka Suzuki Inggris kemudian menghilangkan kursi belakang untuk memperluas bagasinya. Total area kargo dapat memuat 863 liter, lebih besar 33 liter dibandingkan Jimny versi penumpang dengan kursi belakang terlipat.

Di samping itu, Jimny LCV juga telah dilengkapi dengan lantai dasar yang rata, serta cargo barrier sebagai pengaman antara ruang pengemudi dan barang. Jimny LCV juga hanya tersedia dalam satu varian yang memiliki fitur AC, konektivitas bluetooth, radio, pemutar MP3, 2 speakers, cruise control, speed limiter, eCall, ABS, Hill Descent Control, dan Dual Sensor Brake Support.

Urusan mesin juga tak ada perbedaan, di mana masih tersemat unit 1.500 cc bertenaga maksimal 102 ps  dan torsi maksimal 130 Nm. Yang disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5-percepatan dengan sistem penggerak 4WD AllGrip Pro.

Meskipun bertipe LCV namun Jimny di Inggris tak kalah langkanya dengan Indonesia, Karena hanya tersedia 500 unit, Suzuki Inggris mengatakan bahwa Jimny LCV akan dijual secara terbatas, dengan banderol mulai 16.796 poundsterling atau setara Rp 335 jutaan. Harga ini sebetulnya lebih mahal dibandingkan Jimny versi penumpang, yang sebelum dihentikan penjualannya dijual dari 15.370 poundsterling atau setara Rp 307 jutaan.

Tinggalkan Balasan